Rabu, 26 Juni 2019

2. Langkah-langkah Pelaksanaan Best Practice



Berikut ini langkah-langkah pelaksanaan Best Practice:
Ø  Pertemuan Pertama 25 Januari 2019
Peserta didik diberikan pres test di awal kegiatan belajar mengajar sebagai pengantar materi pembelajaran tentang peralatan dan perlengkapan restoran. Fokus pada pertemuan perdana ini ialah mengenai peralatan restoran yaitu klasifikasi 5 (lima) peralatan restoran dan contoh peralatannya yang disampaikan melalui video turotial. Diakhir kegiatan para siswa diberikan masing-masing 5 lembar kertas yang sudah dicetak dalam bentuk QR Code untuk dipelajari.

Ø  Pertemuan Kedua 1 Februari 2019
Pada tatap muka kedua ini peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang yang nantinya akan bertugas secara bergantian sebagai host, moderator, presenter dengan tugas masing-masing yang sudah dijelaskan sebelumnya. Artinya setiap siswa akan mendapat giliran bertugas sebagai  host, moderator, presenter. Materi yang dipresentasikan ialah tentang peralatan restoran. Diakhir kegiatan penulis melakukan evaluasi hasil pembelajaran untuk mempersiapkan kegiatan belajar pada pertemuan selanjutnya.

Ø  Pertemuan Ketiga 8 Februari 2019
Tatap muka kali ini, kegiatan belajar dikemas dengan situasi yang berbeda dimana kelas diatur berbentuk meeting class dengan penataan kursi dan meja saling berhadapan dengan tujuan untuk melaksanakan kegiatan presentasi pembelajaran tentang peralatan restoran. Alat yang digunakan yaitu LCD dan Laptop oleh guru dan para siswa menggunakan smartphone/HP Android masing-masing yang terlebih dahulu telah di instal aplikasi cisco webex meeting. Kegiatan belajar diikuti secara individu melalui video conference dengan mendengarkan presentasi dari guru dan siswa menyimak, aktifitas ini berlangsung secara online.
Pada akhir kegiatan penulis kembali melakukan analisis hasil belajar, untuk melakukan perbaikan terhadap hasil capaian belajar siswa sebagai pertimbangan melaksanakan kegiatan pada pertemuan selanjutnya.

Ø  Pertemuan Keempat 15 Februari 2019
Berdasarkan hasil tatap muka sebelumnya, dimana para siswa diberikan media pembelajaran berupa QR Code, Video Tutorial, dan Vicon melalui aplikasi webex. Pada tatap muka kali ini peserta didik diberikan tes secara individu melalui presentasi peralatan restoran untuk mengukur sejauh mana peserta didik Kelas XI Akomodasi Perhotelan memahami dan mengenal klasifikasi peralatan restoran serta jenis-jenis peralatan restoran berdasarkan klasifikasinya. Pada akhir kegiatan peserta didik diberikan post test secara online terkait materi peralatan restoran.

Jevery Paat, 26062019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAPEL INDUSTRI PERHOTELAN (PERTEMUAN 6) SENIN, 15 FEBRUARI 2021

 KOMPETENSI DASAR: 3.6 Memahami Tipe-Tipe Hotel 4.6 Melakukan Pengelompokkan Tipe-Tipe Hotel MATERI INTI: KLASIFIKASI HOTEL C. UKURAN KAMA...