Rabu, 26 Juni 2019

1.2 VIRLAN MILENIAL


1.2  Virlan Milenial
Virlan (Virtual melayani), merupakan sebuah kata yang secara spontanitas lahir dari ide penulis dan digunakan sebagai sebuah istilah media pembelajaran.
Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y, Gen Y atau Generasi Langgas[1]) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini. Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran, (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Milenial).
Virlan Milenial digunakan untuk mengakomodir beberapa aplikasi pembelajaran yang digunakan, diantaranya:
a.         QR Code
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR)
 


Gambar 1. Bentuk QR Code
(Sumber Gambar: Foto DP  WhatsApp VC 81.3 SULUT)


Kegunaan dari QR Code ini, yaitu materi tentang peralatan restoran di sajikan dalam bentuk QR Code. Untuk cara melihatnya para siswa harus menginstal QR Code Scanner pada HP yang akan digunakan untuk mengakses materi.


Gambar 2. QR Code Scanner Aplikasi via HP


b.         Video Tutorial
Pada pembelajaran food and beverage materi peralatan restoran, menggunakan video tutorial dengan nama aplikasi yaitu faststone capture.
 

Gambar 3. Logo Aplikasi FastStone Capture

Melalui aplikasi ini, penulis membuat tutorial video tentang materi peralatan restoran secara bertahap. Salah satu contoh videonya dapat diakses pada link berikut: http://bit.ly/TutorialPeralatanRestoran (durasi 55:16)

c.         Aplikasi Webex
WebEx adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah. WebEx mengkombinasikan komunikasi lewat Telepon dengan tampilan di layar Komputer.
Tidak perlu menghabiskan biaya untuk perjalanan dan melakukan pertemuan, cukup melalui Penjelajah web di meja masing-masing dan lebih produktif dibandingkan mengirim file yang akan didiskusikan lewat email. Tidak ada Perangkat keras yang harus dibeli, maupun Perangkat lunak yang harus diunduh. Dengan aplikasi ini, baik perusahaan maupun pengguna perorangan bisa mengurangi biaya operasional dan membuat pekerjaan lebih efisien. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_TelePresence)




Gambar 4. Logo Aplikasi Cisco Webex
Dalam proses pembelajaran food and beverage materi peralatan restoran, peserta didik menginstal cisco webex pada smartphone, dan penulis selaku guru mata pelajaran membagikan meeting link, meeting number, meeting password untuk diakses para siswa, guna mengikuti setiap materi secara virtual.


Jevery Paat, 26062019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAPEL INDUSTRI PERHOTELAN (PERTEMUAN 6) SENIN, 15 FEBRUARI 2021

 KOMPETENSI DASAR: 3.6 Memahami Tipe-Tipe Hotel 4.6 Melakukan Pengelompokkan Tipe-Tipe Hotel MATERI INTI: KLASIFIKASI HOTEL C. UKURAN KAMA...