Kompetensi Dasar
Mengenal
Area Section
A.
Mengenal
Housekeeping
B.
Fungsi
dan peran Housekeeping
C.
Area
section
D.
Bagian-bagian
area section
MATERI I
PENDAHULUAN
Departemen
tata graha, dalam bisnis hotel apa pun, berkontribusi terhadap sejumlah besar
laba meskipun dianggap sebagai layanan tambahan. Alasan sederhana adalah,
pelanggan menuntut suasana yang bersih, rapi, dan menyenangkan.
(Sheila Perera FIH Glenmor Manager,
Gleneagles Hotel)
Pembenahan kamar menghasilkan kesan pertama di benak
tamu. upaya Housekeeping jelas menunjukkan bagaimana hotel memberikan palayanan prima bagi para tamunya.
A. Apa itu Housekeeping?
Housekeeping
berarti melakukan semua tugas untuk membersihkan, menjaga ketertiban, dan
mengelola rumah atau properti bisnis. Dalam hal hotel, tugas tata graha
melibatkan menjaga hotel ke kondisi terbaik dalam hal kebersihan, dan
menjaganya agar tetap dalam suasana yang sangat diinginkan oleh tamunya.
Gambar 1.
Housekeeper (Petugas Tata Graha)
B. Tujuan Housekeeping Hotel
Tujuan utama dari tata graha
hotel adalah:
● Untuk menjaga
kebersihan keseluruhan hotel setiap saat.
● Untuk melakukan
tugas kebersihan dengan sangat efisien dan efektif.
● Untuk
menggunakan peralatan pembersih dan bahan kimia yang berkualitas baik dan aman.
● Untuk mengelola
binatu dan linen.
● Untuk
mengendalikan hama.
● Untuk menjaga
hotel dengan dekorasi interior berkelas.
● Untuk mengurus
perabot, perlengkapan, dan perlengkapan seluruh hotel.
Untuk memahami bentangan atau
ruang lingkup tata graha, lebih baik untuk memahami divisi hotel terlebih
dahulu.
C. Divisi sebuah Hotel
Ada berbagai divisi (atau
departemen) dari sebuah hotel. Antara Lain:
1. Kantor
Depan
Bertanggung
jawab untuk check-in dan check-out tamu, layanan surat dan informasi, dan
layanan pramutamu seperti:
pemesanan tur, memesan teater dan restoran, menyediakan layanan taksi bandara,
dll.
2. Makanan
dan Minuman
Departemen
Makanan dan Minuman bertanggung jawab untuk menyiapkan menu, makanan, dan
mengelola inventaris makanan dan minuman. Ini termasuk persiapan dan layanan
makanan dan minuman untuk restoran, lounge, kedai kopi, bar, pesta, dan layanan
kamar.
1.
Valet
Dalam pelayanan termasuk petugas parkir dan
penjaga pintu, pengemudi, kuli angkut, dan petugas lonceng.
2.
Pembenahan
Pembenahan
kamar termasuk tugas menjaga area hotel bersih, rapi, higienis, dan
menyenangkan. Itu juga melakukan tugas yang berkaitan dengan dekorasi tempat
hotel.
3.
Penjualan
dan pemasaran
Semua penjualan, layanan, iklan, promosi,
dan hubungan masyarakat diurus oleh tim ini.
4.
Keamanan
Manajer
keamanan dan pekerja keamanan bekerja untuk menjaga properti tetap aman dan
terlindung dari bahaya eksternal.
5.
Akuntansi
Melakukan semua kegiatan keuangan seperti
menghasilkan tagihan dan menerima pembayaran, menghitung kompensasi karyawan
dan memberikan pembayaran. Mereka juga melakukan kegiatan seperti menyusun
laporan pendapatan bulanan dan tahunan, menyetor dan mengamankan uang tunai,
dan mengendalikan dan memantau aset.
6.
Pemeliharaan
Departemen
Pemeliharaan bertanggung jawab atas pemeliharaan properti. Mengurus perbaikan furnitur
dan perlengkapan, dan mengecat area yang diperlukan. Pada hotel kecil, jasa
pemeliharaan dikontrak dari agen luar.
7.
Teknik
dan Teknologi
Bertanggung
jawab untuk menjaga semua peralatannya tetap beroperasi. tugasnya termasuk
memelihara telepon, perangkat lunak manajemen hotel, internet dll. Ini juga
bertanggung jawab untuk mengimplementasikan perubahan baru yang diperlukan
seperti meningkatkan perangkat lunak dan perangkat keras.
8.
Departemen
Sumber daya manusia
Departemen Sumber Daya Manusia bertanggung
jawab untuk mewawancarai dan merekrut staf yang memenuhi syarat untuk
ditempatkan di posisi yang tepat. Mereka juga melakukan wawancara keluar untuk
karyawan yang ingin keluar dari pekerjaan. HRD, bekerja untuk menetapkan upah
dan gaji berdasarkan tingkat pasar regional dan memastikan bahwa bisnis hotel
memenuhi standar administrasi keselamatan dan kesehatan.
Dari semua departemen, upaya
departemen housekeeping jelas. Mereka langsung terlihat oleh para tamu bahkan
sebelum akan menikmati hidangan makanan atau memanfaatkan fasilitas hotel lainnya.
Pembenahan kamar menciptakan kesan pertama tentang hotel di benak para tamu.
Karenanya departemen housekeeping (tata graha), ini dapat dikatakan sebagai
jantung bisnis hotel.
D. Layout Departemen Housekeeping di Hotel
Tata letak departemen Tata graha
tergantung pada jumlah total Kamar Tamu, Gerai, dan Staf yang diperlukan.
Bidang-bidang departemen tata graha, ialah sebagai
berikut:
● Kantor Tata
Graha Eksekutif - Pekerjaan administrasi departemen dilakukan di sini.
● Meja Kontrol Tata
Graha - Ini dapat diakses dan beroperasi 24 jam sehari. Staf Tata graha
melaporkan di awal dan akhir shift di sini. Ada papan pengumuman, rak penyimpanan,
register, lemari penyimpanan barang yang hilang dan ditemukan, dan matriks
gantungan kunci.
● Area Binatu -
Mencuci, menyetrika, dry cleaning, melipat linen dan seragam staf berlangsung
di sini.
● Ruang Linen - Di
sini, linen hotel seperti seprai, handuk, sarung bantal, dll., Disimpan,
dikumpulkan, dan dibawa ke tempat-tempat yang diperlukan di hotel.
● Ruang Seragam -
Seragam staf dikumpulkan, disimpan, dan didistribusikan dari sini.
● Ruang Penjahit -
Di sini, menjahit dan memperbaiki linen dan seragam berlangsung.
● Toko
Housekeeping - Ini adalah area penyimpanan tempat peralatan dan barang
pembersih, dan persediaan tamu disimpan dengan aman.
● Flower Room -
Kamar ber-AC dengan meja kerja, wastafel dan persediaan air, lemari untuk
menyimpan vas dan batu, dan meja.
● Lost and Found
Counter − menyimpan semua barang yang ditinggalkan oleh para tamu. Dan dapat langsung
berkomunikasi dengan meja kantor depan, karena di sana para tamu cenderung
untuk bertanya tentang barang-barang mereka yang hilang.
Kamar
Line Store
Ruang
Penjahit
Kamar
Seragam
Ruang
cuci baju
Koridor
Kantor
penjaga Rumah Eksekutif
Meja
housekeeping
Hilang
dan Ditemukan
Toko
Perlengkapan Rumah Tangga
Kamar
Bunga
E. Housekeeping dan Area Tanggung Jawab
Departemen housekeeping bertanggung
jawab untuk menjaga area berikut agar bersih dan rapi.
Adapun area-area tersebut, antara lain:
● Ruang Tamu
● Kamar Mandi Tamu
● Area Publik seperti Lobi dan Lift
● Restoran (Jamuan Makan) dan Ruang
Konferensi
● Area Parkir
● Kantor Penjualan dan Admin
● Taman dan Kolam Renang
Selain tugas pembersihan, housekeeping
juga bertanggung jawab untuk menangani kunci di setiap lantai. Selain itu, petugas
housekeeping mengelola binatu, yang sering di beberapa tempat dianggap sebagai
sub-departemen tata graha.
F. Istilah Umum yang Digunakan di
Housekeeping Hotel
Berikut adalah beberapa istilah
yang umum digunakan di housekeeping departemen.
As Soon As Possible (ASAP), Not yet (NY), Follow Up
(FU), dan For Your Information (FYI).
Istilah tersebut, yang juga digunakan secara umum di
industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar