Selasa, 30 Juli 2019

Housekeeping

1. Mengenal housekeeping







Departemen tata graha, dalam bisnis hotel apa pun, berkontribusi terhadap sejumlah besar laba meskipun dianggap sebagai layanan tambahan. Alasan sederhana adalah, pelanggan menuntut suasana yang bersih, rapi, dan menyenangkan.
(Sheila Perera FIH Glenmor Manager, Gleneagles Hotel)

Pembenahan kamar menghasilkan kesan pertama di benak tamu. upaya Housekeeping jelas menunjukkan bagaimana hotel memberikan palayanan prima bagi para tamunya.

A.      Apa itu Housekeeping?
Housekeeping berarti melakukan semua tugas untuk membersihkan, menjaga ketertiban, dan mengelola rumah atau properti bisnis. Dalam hal hotel, tugas tata graha melibatkan menjaga hotel ke kondisi terbaik dalam hal kebersihan, dan menjaganya agar tetap dalam suasana yang sangat diinginkan oleh tamunya.

 








Gambar 1. Housekeeper (Petugas Tata Graha)




B.       Tujuan Housekeeping Hotel
Tujuan utama dari tata graha hotel adalah:
Untuk menjaga kebersihan keseluruhan hotel setiap saat.
Untuk melakukan tugas kebersihan dengan sangat efisien dan efektif.
  Untuk menggunakan peralatan pembersih dan bahan kimia yang berkualitas baik dan aman.
Untuk mengelola binatu dan linen.
Untuk mengendalikan hama.
Untuk menjaga hotel dengan dekorasi interior berkelas.
  Untuk mengurus perabot, perlengkapan, dan perlengkapan seluruh hotel.

Untuk memahami bentangan atau ruang lingkup tata graha, lebih baik untuk memahami divisi hotel terlebih dahulu.

C.      Divisi sebuah Hotel
Ada berbagai divisi (atau departemen) dari sebuah hotel. Antara Lain:
1.    Kantor Depan
Bertanggung jawab untuk check-in dan check-out tamu, layanan surat dan informasi, dan layanan pramutamu seperti: pemesanan tur, memesan teater dan restoran, menyediakan layanan taksi bandara, dll.
2.    Makanan dan Minuman
Departemen Makanan dan Minuman bertanggung jawab untuk menyiapkan menu, makanan, dan mengelola inventaris makanan dan minuman. Ini termasuk persiapan dan layanan makanan dan minuman untuk restoran, lounge, kedai kopi, bar, pesta, dan layanan kamar.
1.        Valet
Dalam pelayanan termasuk petugas parkir dan penjaga pintu, pengemudi, kuli angkut, dan petugas lonceng.
2.        Pembenahan
Pembenahan kamar termasuk tugas menjaga area hotel bersih, rapi, higienis, dan menyenangkan. Itu juga melakukan tugas yang berkaitan dengan dekorasi tempat hotel.
3.        Penjualan dan pemasaran
Semua penjualan, layanan, iklan, promosi, dan hubungan masyarakat diurus oleh tim ini.
4.        Keamanan
Manajer keamanan dan pekerja keamanan bekerja untuk menjaga properti tetap aman dan terlindung dari bahaya eksternal.
5.        Akuntansi
Melakukan semua kegiatan keuangan seperti menghasilkan tagihan dan menerima pembayaran, menghitung kompensasi karyawan dan memberikan pembayaran. Mereka juga melakukan kegiatan seperti menyusun laporan pendapatan bulanan dan tahunan, menyetor dan mengamankan uang tunai, dan mengendalikan dan memantau aset.
6.        Pemeliharaan
Departemen Pemeliharaan bertanggung jawab atas pemeliharaan properti. Mengurus perbaikan furnitur dan perlengkapan, dan mengecat area yang diperlukan. Pada hotel kecil, jasa pemeliharaan dikontrak dari agen luar.
7.        Teknik dan Teknologi
Bertanggung jawab untuk menjaga semua peralatannya tetap beroperasi. tugasnya termasuk memelihara telepon, perangkat lunak manajemen hotel, internet dll. Ini juga bertanggung jawab untuk mengimplementasikan perubahan baru yang diperlukan seperti meningkatkan perangkat lunak dan perangkat keras.


8.        Departemen Sumber daya manusia
Departemen Sumber Daya Manusia bertanggung jawab untuk mewawancarai dan merekrut staf yang memenuhi syarat untuk ditempatkan di posisi yang tepat. Mereka juga melakukan wawancara keluar untuk karyawan yang ingin keluar dari pekerjaan. HRD, bekerja untuk menetapkan upah dan gaji berdasarkan tingkat pasar regional dan memastikan bahwa bisnis hotel memenuhi standar administrasi keselamatan dan kesehatan.

Dari semua departemen, upaya departemen housekeeping jelas. Mereka langsung terlihat oleh para tamu bahkan sebelum akan menikmati hidangan makanan atau memanfaatkan fasilitas hotel lainnya. Pembenahan kamar menciptakan kesan pertama tentang hotel di benak para tamu. Karenanya departemen housekeeping (tata graha), ini dapat dikatakan sebagai jantung bisnis hotel.

D.      Layout Departemen Housekeeping di Hotel
Tata letak departemen Tata graha tergantung pada jumlah total Kamar Tamu, Gerai, dan Staf yang diperlukan.
Bidang-bidang departemen tata graha, ialah sebagai berikut:
    Kantor Tata Graha Eksekutif - Pekerjaan administrasi departemen dilakukan di sini.
    Meja Kontrol Tata Graha - Ini dapat diakses dan beroperasi 24 jam sehari. Staf Tata graha melaporkan di awal dan akhir shift di sini. Ada papan pengumuman, rak penyimpanan, register, lemari penyimpanan barang yang hilang dan ditemukan, dan matriks gantungan kunci.
    Area Binatu - Mencuci, menyetrika, dry cleaning, melipat linen dan seragam staf berlangsung di sini.
    Ruang Linen - Di sini, linen hotel seperti seprai, handuk, sarung bantal, dll., Disimpan, dikumpulkan, dan dibawa ke tempat-tempat yang diperlukan di hotel.
    Ruang Seragam - Seragam staf dikumpulkan, disimpan, dan didistribusikan dari sini.
    Ruang Penjahit - Di sini, menjahit dan memperbaiki linen dan seragam berlangsung.
    Toko Housekeeping - Ini adalah area penyimpanan tempat peralatan dan barang pembersih, dan persediaan tamu disimpan dengan aman.
    Flower Room - Kamar ber-AC dengan meja kerja, wastafel dan persediaan air, lemari untuk menyimpan vas dan batu, dan meja.
    Lost and Found Counter − menyimpan semua barang yang ditinggalkan oleh para tamu. Dan dapat langsung berkomunikasi dengan meja kantor depan, karena di sana para tamu cenderung untuk bertanya tentang barang-barang mereka yang hilang.
Kamar Line Store
Ruang Penjahit
Kamar Seragam
Ruang cuci baju
Koridor
Kantor penjaga Rumah Eksekutif
Meja housekeeping
Hilang dan Ditemukan
Toko Perlengkapan Rumah Tangga
Kamar Bunga

E.       Housekeeping dan Area Tanggung Jawab
Departemen housekeeping bertanggung jawab untuk menjaga area berikut agar bersih dan rapi.
Adapun area-area tersebut, antara lain:
● Ruang Tamu
● Kamar Mandi Tamu
● Area Publik seperti Lobi dan Lift
● Restoran (Jamuan Makan) dan Ruang Konferensi
● Area Parkir
● Kantor Penjualan dan Admin
● Taman dan Kolam Renang

Selain tugas pembersihan, housekeeping juga bertanggung jawab untuk menangani kunci di setiap lantai. Selain itu, petugas housekeeping mengelola binatu, yang sering di beberapa tempat dianggap sebagai sub-departemen tata graha.

F.       Istilah Umum yang Digunakan di Housekeeping Hotel
Berikut adalah beberapa istilah yang umum digunakan di housekeeping departemen.
As Soon As Possible (ASAP), Not yet (NY), Follow Up (FU), dan For Your Information (FYI).
Istilah tersebut, yang juga digunakan secara umum di industri.



2. Fungsi dan peran housekeeping


TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN HOUSEKEEPING


Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping
Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping - Dari beberapa pengertian housekeeping tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping sangatlah penting bagi mahasiswa/mahasiswi ataupun pelajar yang yang sekarang ini banyak mempelajari di materi Pendidikan Perhotelan. Nah,,hari ini Blog CJDW akan menjelaskan step by step tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen HousekeepingOke sobat inilah beberapa tugas dan tanggung jawabnya housekeeping di dalam hotel

1. Tugas Dan Tanggung Jawab Manajemen

Di lingkungan kerja Departemen Housekeeping meliputi tenaga dan material/bahan-bahan mahal, maka departemen Housekeeping harus melakukan hal-hal sebagai berikut :
-Mengadakan supervise dan latihan terhadap karyawan sehingga tercapai efisiensi tenaga secara optimal.
-Memilih dan menentukan cleaning equipment & cleaning material yang sesuai dengan kebutuhan.
-Selalu mengadakan inventarisasi terhadap semua barang.
-Mengusahakan terbinanya kerja sama antar semua departemen.
-Mengusahakan system komunikasi yang baik.

2. Tanggung Jawab Terhadap Tamu
-Menciptakan ruangan yang comfortable (Menyenangkan)
-Mengusahakan ruanganyang terjamin kebersihan dan keamanannya (Hygiene & Safety).
Misalnya :
a.Karpet tidak boleh berlipat-lipat.
b.Air yang menggenang harus segera di keringkan.
c.Kaca yang terlalu bersih harus di beri tanda.
d.Memperhatikan hal-hal kecil tetapi penting, misalnya ruangan yang gelap, kursi-kursi yang melintang, lantai yang terlalu licin maupun puntung rokok yang masih menyala.

3. Tanggung Jawab Terhadap Departemen Lain
-Terhadap departemen Front Office : Menjalin komunikasi timbal-balik yang baik dimana front office berfungsi menjual produk Housekeeping.
-Terhadap departemen Food & Beverage : Menciptakan ruangan-ruangan retoran dan Public Area yang bersih termasuk segala keperluan untuk memasak dan keperluan linen.
-Terhadap departemen Engineering & Maintenance : Menciptakan komunikasi timbal balik yang baik dengan departemen Engineering & Maintenance, agar setiap kerusakan secepatnya dapat di perbaiki supaya kamar segera siap di gunakan oleh tamu yang akan menginap di kamar Hotel.

4. Tanggung Jawab Terhadap Staff
-Saling membantu dan menunjang tanpa mengurangi wewenang masing-masing.
-Saling menghargai dan disiplin.

Itulah penjelasan tentang fungsi dan peran housekeeping dalam Tugas Dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping


1 komentar:

  1. Silahkan di baca. Kemudian buat artikel tentang penjelasan materi Mengenal Housekeeping, Fungsi dan Peran Housekeeping.

    Dibuat dalam buku tugas.

    Dan silahkan memberi komentar pada kolom ini.

    Terima Kasih

    BalasHapus

MAPEL INDUSTRI PERHOTELAN (PERTEMUAN 6) SENIN, 15 FEBRUARI 2021

 KOMPETENSI DASAR: 3.6 Memahami Tipe-Tipe Hotel 4.6 Melakukan Pengelompokkan Tipe-Tipe Hotel MATERI INTI: KLASIFIKASI HOTEL C. UKURAN KAMA...